maria ulfa

Form Penilaian Evaluasi

In Uncategorized on Desember 24, 2012 at 4:35 am

1.    Penilaian portofolio

merupakan proses penilaian yang berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.

Penggunaan portofolio untuk penilaian juga bermanfaat, karena hal-hal berikut:

  1. Portofolio menyajikan atau memberikan: “bukti” yang lebih jelas atau lebih lengkap tentang kinerja siswa daripada hasil tes di kelas.
  2. Portofolio dapat merupakan catatan penilaian yang sesuai dengan program pembelajaran yang baik.
  3. Portofolio merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan siswa.
  4. Portofolio memberikan gambaran tentang kemampuan siswa.
  5. Penggunaan portofolio penilaian memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keunggulan dirinya, bukan kekurangan atau kesalahannya dalam mengerjakan soal atau tugas.
  6. Penggunaan portofolio penilaian mencerminkan pengakuan atau bervariasinya gaya belajar siswa.
  7. Portofolio memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam penilaian hasil belajar.
  8. Portofolio membantu guru dalam menilai kemajuan siswa.
  9. Portofolio membantu guru dalam mengambil keputusan tentang pembelajaran atau perbaikan pembelajaran.
  10. Portofolio merupakan bahan yang relatif lengkap untuk berdiskusi dengan orang tua siswa, tentang perkembangan siswa yang bersangkutan.
  11. Portofolio membantu pihak luar untuk menilai program pembelajaran yang bersangkutan

Format Penilaian Portofolio

Mata Pelajaran        :

Kelas / Semester     :

No.

Nama Siswa

Nilai

Jumlah

Rata-rata

Ket

Tugas

Harian

UTS

UAS

1.

2.

3.

4.

5.

2.    Penilaian Unjuk Kerja

Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktek di laboratorium, praktek sholat, praktek OR, presentasi, diskusi, bermain peran, memainkan alat musik, bernyanyi, membaca puisi/ deklamasi dll. Cara penilaian ini dianggap lebih otentik daripada tes tertulis karena apa yang dinilai lebih mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya.

Format Penilaian Unjuk Kerja

Mata Pelajaran        : Penjaskes

Materi                     : Lompat Jauh

Kelas / Semester     :

No.

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor

Teknik Awalan

Teknik Tumpuan

Sikap/posisi tubuh saat di udara

Teknik Mendarat

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

2.

3.

4.

5.

Skor maksimal : 10 x 4 = 40

Nilai =  

Kriteria Penilaian:

1 = Sangat bagus

2 = Bagus

3 = Cukup bagus

4 = Cukup

3.    Penilaian Sikap

Sikap bermula dari perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan.
Sikap terdiri dari tiga komponen, yakni: afektif, kognitif, dan konatif. Komponen afektif adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang atau penilaiannya terhadap sesuatu objek. Komponen kognitif adalah kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek. Adapun komponen konatif adalah kecenderungan untuk berperilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu berkenaan dengan kehadiran objek sikap.

Format Penilaian Sikap

Mata Pelajaran        :

Kelas / Semester     :

No.

Nama Siswa

Sikap yang dinilai

Jumlah skor

Kedisi-plinan

Kejujuran

Tanggung Jawab

Kerjasa-ma

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

2.

3.

4.

5.

Kriteria Penilaian:

1      = Sangat baik

2      = Baik

3      = Cukup

4      = Kurang

 4.    Penilaian Proyek

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas. Dalam penilaian proyek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:

·      Kemampuan pengelolaan

Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.

·         Relevansi

Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran.

·         Keaslian

Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik

Format Penilaian Proyek

Mata Pelajaran          :

Kelas / Semester       :

Nama Proyek            :

Nama Kelompok       :

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1

2

3

4

1.

Perencanaan

·      Penyiapan alat dan bahan

·      Menentukan objek

2.

Pelaksanaan

·      Kerjasama

·      Konsultasi

·      Pencatatan data

3.

Pelaporan

·      Sistematis laporan

·      Kaidah bahasa

Total Skor

Kriteria Penilaian :

1      = Sangat baik

2      = Baik

3      = Cukup

4      = Kurang

Contoh Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran IPA

Kadang kita membutuhkan nilai- nilai yang bukan kognitif dalam pembelajaran IPA, agar siswa juga mengargai sikap maka diperlukan penilaian kinerja sikap . Penilaian sikap ini dapat kita laksanakan saat siswa penilaian dan kriteria penilaian adalah sebagai berikut

2. Penilaian Sikap

Judul Kegiatan

: Percobaan Mengidentifikasi Asam dan Basa

Mata pelajaran

: IPA

Kelas

: VII/II

SK

: 2.Memahami Klasifikasi Zat

KD

: 2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Nama siswa

: ______________________________

Kelas

: ______________________________

Waktu pengamatan

: ______________________________

No

Aspek yang diamati

Skor

Jumlah skor

3

2

1

1.

Kerja sama

3

2.

Kedisiplinan

2

3.

Ketelitian

2

4.

Tanggung jawab

3

Total skor yang di capai

10

Jumlah Skor maksimum

12

No

Kriteria

Skor (1-3)

1

Kerjasama

Aktif kerjasama dengan baik dengan temannya

·Kadang bekerja sama kadang tidak bekerja sama

·Tidak mau kerjasama

3

2

1

2

Kedisiplinan

·Masuk laboratorium tepat waktu

·Terlambat kurang dari 5 menit

·Terlambat lebih dari 5 menit

3

2

1

3

Ketelitian

·Teliti menggunakan alat dan teliti dalam pengumpulan datanya

·Teliti dalam menggunakan alat namun tidak teliti dalam pengumpulan datanya

·Tidak teliti menggunakan alat dan tidak letiti mengumpulkan datanya

3

2

1

4

Tanggung Jawab

·Mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu

·Mengerjakan tugas dan hasil kurang baik namun tepat waktu

·Tidak mengerjakan tugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: