maria ulfa

Tentang Cuaca

In Uncategorized on Desember 24, 2012 at 4:52 am

Sekilas tentang cuaca

 Pengertian Cuaca

Cuaca adalah keadaan udara pada suatu waktu yang relatif singkat dan tempat yang relatif sempit

Iklim merupakan keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang relatif lama

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidak stabilan cuaca

Factor utama yang menyebabkan cuaca itu menjadi tidak stabil adalah pemanasan global yang terjadi di belahan kutup utara. Itu menyebabkan gunung-gunung es di belahan kutup utara mencair sehingga cuaca di belahan bumi lainnya tidak stabil.

Factor yang kedua ialah meningkatnya permukaan laut, meningkatnya permukaan laut dapat menyebabkan ketidak setabilan cuaca karena saat air laut meningkat cura hujan akan terjadi semakin tinggi tapi saat permukaan air laut tidak meningkat curah hujan mungkin tidak akan terjadi. Jadi ketidak stabilan permukaan air laut juga menjadi factor penyebab ketidak stabilan cuaca.

Factor ketiga yang membuat ketidak stabilan cuaca adalah berubahnya bentuk muka bumi. Bentuk muka bumi dapat berubah-ubah karena bumi itu berevolusi sehingga saat muka bumi itu berubah maka sangat jelas cuaca di bumi akan cepat berubah.

Factor berikutnya yang menyebabakn ketidak stabilnya cuaca di bumi ialah letusan vulkanik yang besar yang dapat menyebabkan penurunan dan pemanaikan suhu permukaan bumi. Dari suhu yang sangat minim sampai suhu derajat yang sangat tinggi.

Dan factor terakhir yang dapat membuat ketidak stabilan cuaca di bumi ialah radiasi matahari karena perubahan radiasi matahari yang tidak stabil yang di terima oleh bumi dapat menyebabkan cuaca di permukaan bumi menjadi tidak menentu di setiap radiasi yang di pancarkan matahari ke bumi itu berubah-ubah.

 Pengaruh Cuaca terhadap Kegiatan Manusia dan Lingkungan

Cuaca dipahami sebagai kondisi udara yang terjadi di bumi. Cuaca pun memberi pengaruh pada berbagai segi kehidupan manusia. Misalnya, jenis pakaian yang kamu kenakan bergantung pada cuaca saat itu. Cuaca pun memengaruhi suasana hatimu. Kamu cenderung lebih ceria saat cuaca cerah daripada saat mendung. Apa saja pengaruh cuaca pada kehidupanmu?

1. Cuaca Memengaruhi Pakaian yang Digunakan

Baju yang kamu pakai dapat melindungi tubuhmu dari keadaan di luarnya. Namun, tidak semua baju sesuai untuk setiap cuaca. Ketika cuaca dingin, baju apa yang kamu pakai? Untuk itu, amatilah gambar berikut.

 Gambar

 Ketika hujan turun, pakaian apa yang dipakai anak pada Gambar 9.4(a)? Mengapa anak pada Gambar 9.4(b) menggunakan payung? Ketika kedinginan, baju apa yang dipakai anak pada Gambar 9.4 (c)? Mengapa anak pada Gambar 9.4 (d) memakai baju kaos? Ketika hujan turun, kamu menggunakan payung ataupun jas hujan. Payung dan jas hujan terbuat dari bahan plastik. Mengapa air hujan tidak dapat menembus plastik? Plastik tidak dapat menyerap air. Plastik memiliki sifat kedap air sehingga kamu tidak basah saat hujan. Kamu pun tidak kepanasan saat cuaca panas terik. Hal ini disebabkan payung tidak meneruskan panas. Ketika cuaca cerah, kamu sering memakai baju dari bahan katun atau kaos. Bahan katun dan bahan kaos terbuat dari kapas sehingga menyerap keringat.

2. Cuaca Memengaruhi Kegiatan Manusia

Pernahkah kamu melihat berita di televisi mengenai bencana banjir? Apa yang kamu rasakan? Ayo, amatilah gambar berikut.

 Gambar

 Gambar tersebut menunjukkan keadaan banjir. Banjir sangat mengganggu kegiatan manusia sehari-hari. Banjir dapat disebabkan hujan deras yang terus-menerus. Banjir dapat menimbulkan kemacetan di jalan raya. Sawah-sawah petani terendam sehingga tidak dapat dipanen. Cuaca cerah sangat membantu dalam kegiatan manusia. Saat cuaca cerah, kamu dapat menjemur pakaian, sepatu, ataupun bermain. Dapatkah kamu menyebutkan pengaruh cuaca lainnya terhadap kegiatan manusia? Pernahkah kamu melihat petani bercocok tanam di sawah? Ayo, amatilah Gambar 9.6. 

 Gambar

 Jika kamu perhatikan cuaca pada gambar tersebut, petani menanam sayuran ketika cuaca cerah.

Apakah kamu memiliki tanaman di rumah? Saat cuaca hujan, kamu tidak perlu menyiram tanaman tersebut. Hal itu disebabkan cuaca hujan menghasilkan air yang cukup bagi tanaman. Bagaimana cara menyiram tanaman saat cuaca cerah? Saat cuaca cerah, kamu menyiram tanaman pada siang hari. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan saat cuaca cerah, air mudah menguap. Pada siang hari, tanaman membutuhkan air untuk fotosintesis. Oleh karenanya, tanaman disiram siang hari.

3. Cuaca Memengaruhi Kebiasaan Makan dan Minum

Pernahkah kamu berjalan di bawah terik matahari? Kamu akan merasa gerah karena kandungan air tubuhmu menguap. Sebaiknya, kamu melindungi tubuhmu itu. Jika tidak, kulitmu kering karena kekurangan cairan. Selain itu, kamu pun harus banyak minum air putih. Dengan demikian, cairan tubuhmu terganti. Kemudian, pada cuaca yang panas, kamu harus rajin makan buah-buahan. Buah-buahan, seperti pada Gambar 9.7, baik bagi tubuhmu.

 Gambar

Pada cuaca yang dingin, kamu akan merasa kedinginan. Untuk menghangatkan tubuhmu, kamu dapat menambah makananmu. Hal itu disebabkan tubuhmu mengolah makanan lebih banyak. Dengan demikian, kamu dapat merasa lebih hangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: